Artikelku, 6 tahun silam



Ketika SMA, aku ikut ekskul KIRSmart. Klo gak salah ingat, saat itu aku masih kelas 1. Seorang temanku, yang memang pandai (pandai: dia bikin web-site ekskul KIRSmart dengan segala keterbatasan, namun hasilnya bagus) menyuruh semua anggota KIRSmart untuk bikin Artikel, tema bebas.
Saat itu aku yang masih kecil nan lugu, tertarik untuk bikin. Aku memutuskan untuk mengambil tema Ruang Angkasa, segala info sudah aku dapatkan, dan akhirnya aku menyusunnya menjadi sebuah artikel.

Hmm, menarik juga kalo baca artikel ku itu, gak nyangka aja aku bisa…
Susunan katanya juga lumayan…
Seperti seorang ahli…

Haha, jelas aja susunannya bagus, wong saat itu aku Copy-Paste punya planetarium, hanya aku modif beberapa paragraf dan aku tambahkan kalimat di akhir.
Jadi jelas itu bukan artikel buatanku, hehe.

Artikelku, 6 tahun silam
Judul Arikel: Penjelajah Tata Surya
Oleh: Bagas Wajib

Penjelajah tata surya.
Saat langit malam penuh bintang, terkadang kita melihat seberkas cahaya seolah-olah seperti bintang jatuh. Arahnya sukar ditebak dan muncul sembarang waktu bahkan suka berbarengan, penampakannya sangat singkat dan oleh banyak orang selalu disebut bintang hantu. Bintang langit ini tak lain adalah Meteor yang keberadaannya diketahui sejak tahun 1803 pada saat perancis terjadi hujan meteor.
Meteor terdiri dari materi debu dan beraneka macam bentuk serta ukurannya. Jumlahnyapun mencapai triliyunan di antariksa. planet yang dilintasi oleh meteor secara otomatis akan mendekati planet tersebut kerena adanya gaya grafitasi yang diberikan oleh planet. Bila meteor itu akan masuk ke suatu planet, meteor terlebih dahulu akan bergesekan dengan atmosfer lalu terbakar. Umumnya di bumi, meteor akan berpijar pada ketinggian 50 – 150 Km. Saat terbakar itulah disebut meteor dan calon meteor disebut meteorid.
Apabila meteor tidak habis terbakar karena bergesekan dengan atmosfer, maka sisanya yang masuk ke planet dinamakan meteorit. Di Bumi terdapat beberapa lokasi tempat dimana meteor jatuh, misal di Hoba-Afrika (60 ton), Greenland (36 ton), bahkan di Indonesia terdapat beberapa yang cukup besar. Akibat jatuhnya meteor, terbentuk suatu kawah yang besar seperti yang terjadi di Arizona-Amerika Serikat (kawah Barringer) karena memang kecepatan jatuhnya meteor tersebut sangat cepat bahkan bisa mencapai 60 Km/s.
Berdasarkan penelitian, meteorid berasal dari materi antar planet, bulan, mars, komet dsb. Kini diketahui unsur pembentukan meteorid umumnya terdiri dari batuan silikat (jenis aerolit), logam (siderit), atau campuran (siderit/litoserit). Dan paling banyak kandungannya adalah jenis aerolit, 61 %.
Pada waktu tertentu dan secara berkala tiap tahun, terjadi fenomena hujan meteor. Biasanya arah datang dari satu titik (titik radian) akibat perspektif, diibaratkan apabila kita melihat rel kereta api dikejauhan, meteor pun seperti itu. Selain meteor penjelajah tatasurya lainnya yaitu Asteroid dan Komet.
penjelajah tata surya yang ke-dua adalah Asteroid. Jumlah asteroid di tata surya mencapai jutaan, dan mengedari matahari diantara planet Mars dan Jupiter. Penemuan Asteroid pertama kaliditemukan oleh Astronom Jerman bernama Bode dan rekannya Titus, mereka merumuskan secara matematik jarak planet ke matahari (hukum Titus-Bode). Unsur yang terdapat di dalam asteroid, hampir sama dengan meteor.
Asrteroid sering disebut planet kecil atau planetoid, karena memang bentuknnya yang hampir mirip planet, diduga terbentuknnya asteroid karena hancurnya planet diantara planet mars dan jupiter. Asteroid pertama ditemukan Piazzi pada tahun 1801, sekaligus asteroid terbesar dengan diameter 933 Km yang bernama Ceres. Selain bentuknya yang membentuk planet-planet kecil, asteroid mempunyai orbit bahkan ada asteroid yang orbitnya tumpang tindih dengan orbit Bumi yang dikenal EGAs (earth grazer asteroids).
Dan berikutnya Mengenai komet, penampakannya di malam hari seperti ekor dan itulah mengapa komet dijuluki bintang berekor. Selain bentuknya yang unik dengan wajahnya yang agak kabur berkabut begitu pula dengan ekornya yang panjang, komet juga merupakan penjelajah kecil tata surya yang mengitari matahari. Bila dekat Bumi, komet terlihat cemerlang dan bersinar dan satu lagi keunikan dari komet, pergeserannya sangat lambat sehingga dapat diamati selama berhari-hari bahkan berbulan-bulan.
Komet terdiri dari bongkahan salju kotor di pinggir tata surya dan dibagi dua periode yaitu, periode pendek dan periode panjang. Pada komet periode pendek ada beberapa komet yang sudah diketahui seperti komet Halley, Biela, dan Encke. Dan pada periode panjang seperti komet Kohoutek, Hale-Bopp, dan Hyatuke. Kesemuanya ada yang mengedari matahari atau menjelajah tata surya, bahkan ada beberapa komet yang mengitari planet jupiter dan jatuh di planet tersebut tepatnya tahun 1994 (komet Shoemaker-Levy 9).
Penelitian-penelitian tehadap penjelajah tatasurya dilakukan bukan hanya dari bumi saja, melainkan melalui wahana antariksa yang ditugaskan untuk mengamati penjelajah tata surya, dengan adanya wahana, kita bisa mengamati obyek dengan lebih detail. Banyak dari hasil wahana antariksa dijadikan patokan khusus dalam pengetahuan tentang panjelajah tata surya.

Penjelajah tata surya memang membuat kita takjub, kita merasa semua yang ada di sekitar kita sangatlah luas dan banyak lagi yang belum kita ketahui. Kita patut bersyukur kepada Allah S.W.T karena diberikan akal untuk menguak rahasia alam semesta.
(kalimat inilah yang aku tambahkan)
______

Artikel Asli Milik Planetarium.
Klick DISINI untuk Barang Bukti, hehe.
Dan Klick juga DISINI, kok sama ya dengan barang bukti??? Kalimat terakhirnya juga sama, haha.

Author: Bagas Wajib

Lover

6 thoughts on “Artikelku, 6 tahun silam”

  1. waaahh…………pintar sekali coppaste ya… horeee.. terrus kembangkan bakat mu ya nak🙂

    btw kwer kak…. infonya menarik jadi tau aku sekarang klo ada bintang hantu. mungkin itu bintangnya udah meniggal kemudian jd hantu ya kak.. kasian sekalii………🙂

    1. ahaha, sebenernya gk murni copy-paste waktu itu, klo liat artikel aslinya… artikel yang aku buat cuman saduran aja, aku buat jadi lebih sederhana lagi…

      kwokwowk, bintang hantu… cuman istilah aja kok kak

  2. Terharu, sepertinya website http://kirsmart.i8.com/art-pts.htm itu aku kenal, bukan cuma kenal tapi benar-benar serasa menyatu dengannya, mulai dari isinya, design nya, sampe ke innocence nya, hikz…

    gue sendiri ampe lupa gas soal website itu, hikz… gue bahkan lupa kalau gue pernah ngetik disitu. subhanallah, itu titik dari sebuah perkembangan besar.

    Sumpah, itu adalah design terhancur yang pernah gue lihat, disamping itu merupakan website yang paling gue banggakan yang pernah gue buat.

    Sepertinya gue musti bikin catetan soal dia(website itu).

    About your note, i have read it on senior high school.

    btw dapet dari mana tuh website lagi? :”>

    1. Terharu ya bal, hehe, itu situs Kirsmart lho, yang Iqbal buat,,, Gak kerasa ya dah 6 tahun lebih Iqbal berkecimpung di dunia Web Site, ^_^

      Sumpah, itu adalah design terhancur yang pernah gue lihat, disamping itu merupakan website yang paling gue banggakan yang pernah gue buat.

      Yup, dan website itu merupakan website pertama yang mempublish tulisan pertamaku, hehe.

      Nemunya iseng aja bal, lagi googling nama: Bagas Wajib, eh muncul web site Kirsmart.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s